SELAMAT DATANG DI ARALIA SCHOOL, Harapan Indah, Bekasi.

Selasa, 24 Februari 2015

Meningkatkan Komunikasi Pada Anak

Seringkali kita harus mengerutkan dahi karena tidak mengerti apa yang diinginkan oleh anak ketika mereka berbicara pada kita. Memahami anak tidak semudah memberi pengertian pada mereka. Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk bisa memahami isi hati serta pikiran mereka. Yang harus dilakukan adalah membuka diri kita dan menampung semua aspirasi anak untuk kemudian diarahkan ke jalan yang positif.
Bagaimana cara meningkatkan komunikasi anak agar bisa lebih baik? Cara terbaik adalah dengan sering bercakap-cakap dengan mereka. Jangan malas bicara, mendongeng atau bahkan sekedar mendengarkan cerita mereka. Kebanyakan manusia itu ingin didengar dan kita sebagai orangtua seharusnya bisa menjadi pendengar yang baik bagi anak-anak kita.
Percakapan adalah sesuatu hal yang sangat penting karena bagaimanapun sulitnya atau sederhana suatu masalah, bisa diselesaikan dengan percakapan yang baik. Namun, tidak semua anak bisa melakukan hal itu dengan baik karena ada rasa takut atau ketidakyakinan dalam diri mereka. Terkadang anak memerlukan waktu lebih banyak untuk mengumpulkan semua pikiran mereka sebelum akhirnya berbicara pada orang lain.
Cara meningkatkan komunikasi anak di antaranya adalah dengan mengajukan pertanyaan pada mereka. Contoh pertanyaan yang bagus untuk diajukan pada anak adalah seperti, “Kakak, sedang menggambar apa?” atau “Adik, sedang bermain petak umpet ya?” Dengan cara seperti ini anak akan belajar membentuk kalimat. Jika jawaban anak salah, mereka bisa menjelaskan apa yang sedang mereka lakukan.
Jangan terburu-buru bila sedang bicara dengan anak. Kadang anak membutuhkan waktu yang lama untuk berpikir dan mencetuskan jawaban mereka. Beri waktu selama yang mereka butuhkan. Ajukan lagi pertanyaan untuk setiap jawaban yang mereka berikan. Dengan begitu dari satu pertanyaan ke pertanyaan lain akan membentuk sebuah percakapan panjang yang disukai anak.
Anak akan semakin dekat dengan kita dan mereka akan belajar berkomunikasi dengan lebih baik. Mereka bisa merangkai kata dan membentuknya menjadi kalimat yang baik. Jangan memberi cap salah begitu saja pada anak, biarkan mereka bereksplorasi dengan kata. Orangtua harus cerdas mencari cara meningkatkan komunikasi anak sehingga ketika mereka sudah harus berkomunikasi dengan dunia luar, mereka sudah siap melakukannya.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons